Jumat, 30 Agustus 2013

Pulau Manado Tua Taman Laut Bunaken

Pulau Manado Tua berbeda dengan  pulau Tidung. Pulau ini berada di kawasan Taman Nasional Bunaken , sedangkan Pulau Tidung berada di kawasan kepulauan seribu. Pulau Manado tua gunung berapi memiliki ditumbuhi pohon-pohon yang rindang . Satu sisi dataran pulau berada di kaki 5-30 air dengan kemiringan yang dibelah oleh dinding karang yang memiliki 25 - 30meter mendalam di dasar laut . Ada juga bawah gua besar . Kita sudah bisa membayangkan keindahan . Pulau Manado Tua dikenal memiliki taman laut yang indah dengan kekayaan kehidupan laut .

Pulau Manado Tua , Pulau Siladen , pulau dan pulau Mantehagen Nani adalah sekelompok pulau yang membentuk taman nasional Bunaken - Manado yang memiliki 89 065 hektar luas. Taman Nasional Bunaken sangat terkenal dengan pemandangan yang eksotis dan menakjubkan bawah air dengan terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya . Dan tidak kalah pentingnya adalah perairan kepulauan ini benar-benar bersih dan menghindari pemborosan . Jadi , tidak salah jika tempat adalah obyek wisata bawah laut yang terkenal . Banyak wisatawan yang memiliki hobi menyelam mengunjungi tempat ini untuk memenuhi cintanya itu . Dan hasilnya , mereka sangat puas karena setiap titik bisa menikmati keindahan yang ada di bawah laut .

Sebenarnya , tidak hanya wisata selam yang dimiliki oleh pulau Manado Tua , tapi ada juga hutan lindung , makam Raja Mokodokek , Kokodompis Raja , Raja Wulangkalangi , Pantai Raja ( Apeng Datu ) bekas istana Raja Manakalangi , pantai istana dari Viceroy ( Apeng Gugu ) , satu pantai Apeng , dan banyak orang lain yang menunggu Anda di sana.

Selain taman laut yang indah dan atraksi lainnya darat , pulau Manado Tua juga tidak bisa dipisahkan dari sejarah suku Bowontehu . Secara historis , bagian Bowontehu sudah ada sejak perairan Manado pendudukan Portugis, sekitar tahun 1623. Pada jaman dahulu , pulau Manado Tua Bowontehu dihuni oleh suku-suku dan dikenal sebagai Manarow pulau yang adalah orang-orang dari etnis Sangir Lama. Saat ini pulau Manado dihuni oleh sekitar 3.200 jiwa tua dengan mata pencaharian dasar seperti petani dan nelayan . Masyarakat di pulau Manado Tua ini bisa dibilang daerah luar terpisah dengan budaya modern . Mereka masih hidup dengan cara yang sederhana dan menyatu dengan alam . Tetapi mereka memiliki kebesaran dalam melestarikan air , menjaga terumbu karang di dasar laut bisa berkembang dengan baik untuk menjaga populasi ikan di laut karena terumbu karang dapat digunakan sebagai tempat berlindung bagi ikan kecil ketika mereka berada di bawah serangan dari ikan - ikan predator .

Dengan jarak 30 menit dari pelabuhan Manado , pengunjung bisa menyewa perahu dengan harga yang relatif murah sebagai dinegosiasikan , yaitu antara 25 - 100ribu . Kegiatan yang dapat Anda lakukan selama kunjungan ke pulau ini adalah diving ( bagi anda yang mengalami akibat arus air yang cukup berat ) , snorkeling dapat dilakukan dalam kehidupan laut pantai yang dangkal , tetapi dengan tidak kalah indah , Anda juga dapat mengambil perahu diisi ( katamaran ) jika Anda ingin menikmati keindahan tanpa harus menyelam ke bawah.
Kegiatan lain juga layar mengasyikannya tidak kurang berperahu , jet ski , fotografi bawah air , bersepeda secara teratur , bersepeda gunung di sekitar pulau dengan udara yang sejuk dan tentu bebas dari polusi udara . Ada juga melakukan berkemah, hiking ke pulau, dan berjemur di pantai . Bagi Anda yang suka bersepeda , Anda tidak perlu khawatir karena banyak stand yang menyewa sepeda yang relatif murah sekitar 25-50.000 tergantung pada jenis menyewa sepeda . Semua dapat Anda lakukan jika Anda berencana untuk tinggal di sana selama beberapa hari . Untuk fasilitas , Anda dapat menyewa sebuah rumah tinggal yang banyak untuk menawarkan . Harga bisa dinegosiasikan dengan pemiliknya. Semua rumah tinggal di pulau menghadap pantai , sehingga pengunjung dapat benar-benar menikmati keindahan pantai mulai dari mata terbuka di pagi hari sampai saatnya untuk tidur di malam hari .

Pulau Tidung terdiri dari dua buah Pulau di hubungkan oleh sebuah jembatan yang menjadi icon wisata di pulau ini. Laut di tidung tidaklah seberapa bagus ,masih kalah dengan taman nasional bunakaen. Namun pulau tidung mudah di tempuh karna dekat JAKARTA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar